Tuesday, October 20, 2009

Seperti yang Ingin Kukatakan Dulu : Aku Ingin Berpetualang Sepanjang Hidupku

"Di tepi jalan itu,seorang anak terdiam
menatapi jejak kakinya yang terpendam
di dadanya penuh dendam

Puluhan tahun,ia kembali ke jalan itu
ia temukan langit,awan,dan,bau tanah yang sama
bergelora di jiwanya

akankah ia tetap akan menyusuri hari demi hari?
berpetualang bersama mentari,
mencari makna kehidupan ini."

Setiap orang pasti mempunyai hobi dan kesukaannya terhadap sesuatu,tapi terkadang beberapa kebiasaan dan kegemaran masing-masing orang itu terlihat lucu,aneh,bahkan tidak masuk akal bagi sebagian orang lainnya.

Namun setiap manusia,pada hakikatnya adalah suatu pribadi yang khas,dan tidak ada yang sama,bahkan pada orang yang kembar sekalipun.Allah menciptakan manusia dengan berbagai macam keunikan,kelebihan,kekurangan,dan ciri khasnya masing-masing.

Sebagai seorang manusia tentu saja aku punya kebiasaan dan kegemaran juga.Salah satu kegemaranku yang dianggap lucu,bahkan geli bagi sebagian orang adalah menonton film kartun.Banyak orang yang menganggap nonton film kartun bagi orang seusiaku adalah kekanak-kanakan,tidak dewasa,dan anggapan lainnya.

Namun bagiku itu bukanlah suatu hal yang perlu dianggap serius,toh masing-masing orang punya persepsi dan cara pandangnya sendiri,namun bagiku kedewasaan atau kematangan berpikir tidaklah hanya bisa dinilai dari pilihan tontonan seseorang.

Apakah benar orang yang hobi nonton film drama,action,atau film serius lainnya adalah lebih dewasa daripada mereka yang menononton film kartun.Mungkin iya,juga mungkin tidak.Tapi bagiku bukanlah menjadi masalah dewasa atau tidaknya,tapi yang terpenting adalah bagaimana memaknai kehidupan ini dengan sebaiknya.Toh,seorang anak kecil dengan pikiran yang polos,tapi hatinya selalu ceria akan lebih menikmati kehidupan dengan lebih baik daripada seorang dewasa yang hatinya senantiasa murung dan tidak tenang.

Bagiku film kartun bukanlah sekedar film yang terbentuk dari lembaran gambar-gambar tanpa makna.Ada banyak film kartun yang sebenarnya mengandung makna dan pembelajaran yang dalam dan bagus bagi kehidupan seseorang.

salah satunya menurutku yang bagus buat pembelajaran atau setidaknya mengajarkan sesuatu tentang hakikat kehidupan,dan keinginan manusia adalah film "UP".

Film yang ceritanya sederhana,bahkan memiliki ciri khas film kartun lainnya yaitu berfantasi ria,kejadian yang tidak mungkin terjadi,peristiwa yang hanya ada di dunia kartun.

Film ini berkisah tentang seorang anak kecil bernama Carl yang sangat mengagumi seorang petulang yang berhasil menjelajahi suatu tempat yang bernama "Paradise Fall" sebuah tempat yang sangat indah di di daerah amerika bagian selatan.

Takdir menemukannya dengan seorang gadis kecil bernama ellie yang punya hobi dan cita-cita yang sama.Elli mempunyai sebuah buku yang berjudul My Adventure,sebuah buku kosong yang kelak katanya akan diisi dengan foto-foto petualangan hebatnya.

Akhirnya kebersamaan dan harapan yang sama menuntun mereka untuk hidup bersama,menikah.Walaupun keduanya sudah menjalani kehidupan bersama bertahun-tahun lamanya,tapi keinginan mereka untuk pergi ke "Paradise Fall" tidaklah pernah mati.Mereka menyiapkan sebuah stoples kosong,sebuah celengan,yang diisi uang untuk membiayai perjalan mereka nantinya.

namun celengan itu tidak pernah penuh,karena selalu ada kejadian yang membuat mereka harus memakai uang di dalam stopless itu.

Hari berganti hari,tahun berganti tahun,dan zaman pun berubah.Begitupun dengan Ellie,ia tidak bisa melawan kehendak takdir yang mengharuskan ia harus mengkahiri usianya.Tinggallah Carl seorang diri,seorang lelaki berusia 78 tahun yang hidup sendiri,tanpa harapan,dan tanpa semangat kehidupan lagi.

Namun suatu kejadian,membuatnya kembali bersemangat,ia ingin mewujudkan impian Ellie yang sangat ingin pergi dan tinggal di "Paradise Fall".

Dengan bantuan ribuan balon gas,ia membawa terbang rumahnya berpetualang menuju " Paradise Fall" tempat yang diimpikan Ellie,sebuah petulangan yang ingin dijalani Ellie sejak kecil.

Akhirnya ia berhasil sampai di Paradise Fall dengan bantuan seorang anak yang sangat ingin menjadi petualang liar senior.Namun suatu kejadian membuat ia harus pergi dan melupakan impiannya tinggal di sana.

Di akhir ceritanya,Carl merasa kecewa karena ia masih belum bisa mewujudkan mimpi Ellie yaitu melakukan petualangan terhebat sepanjang hidupnya.

Tanpa sengaja ia melihat dan membuku buku petualang Ellie yang disimpan bertahun-tahun olehnya.Betapa terkejutnya dia,melihat isi buku itu,karena buku itu tidaklah kosong seperti yang ia kira.

Buku itu diisi dengan foto-foto kenangan petualangan Ellie sepanjang hidupnya.

Bukan foto-foto petualangan di hutan,lembah,gunung,sungai,ataupun samudra yang menjadi petualangan terhebat yang dialami Ellie,tapi adalah petualangannya bersama Carl dalam menjalani kehidupan ini.

Buku itu diisi foto-foto dimulai saat mereka kecil,remaja,dewasa,menikah,dan kebersamaan mereka puluhan tahun,sampai ajal memisahkan mereka.Lalu di akhir buku itu tertulis,"terima kasih Carl atas Petulangan terhebat yang kita lalui sepanjang hidupku"

Bagi Ellie petualangan menjalani kehidupan bersama Carl,suaminya adalah petualangan yang jauh lebih hebat daripada segalanya.Bagaimana mereka bisa bertahan untuk tetap bersama dengan segala rintangan,dan cobaan kehidupan.

Setelah menonton film itu aku baru tersadar bahwa sejatinya ketika kita memulai sebuah ikatan kebersamaan yang disebut dengan pernikahan,disanalah awal dari perjalanan dan petualangan kita nantinya.Tentu saja petualangan itu akan menjadi petualangan yang terindah apabila kita ditemani seseorang yang mencintai kita.

( untuk istriku : aku ingin berpetulang sepanjang hayatku bersamamu,dan jika petulangan ini berakhir,aku tidak akan pernah menyesal.Ini adalah petulangan terindah yang telah dan akan kujalani dalam kehidupan ini,karena aku bersamamu)

3 comments:

Anonymous said...

Subhanallah.. ^_^

Mawar Haroki said...

keep fighting!

edi jabrik said...

solder of fortune...tidak akan berhenti sebelum ajal
lam kenal ya...

menjemput...maen2nya ke blog aq...