Monday, March 2, 2009

Berbahagialah Karena Pagi Selalu Ada ( dont worry be Happy)

pagi selalu lewat dengan tergesa

dan kudapati mentari telat pada peraduannya

hanya angin dingin sesekali asyik bercanda

pelan ia merayap menyusuri kota.

Kehidupan adalah ibarat sebuah perjalanan panjang yang ujungnya entah dimana, banyak hal yang ditawarkannya dan semuanya menarik,setidaknya cukup memberi arti pada diri manusia itu sendiri.

kebahagian adalah suatu kata yang selalu ingin dirasakan semua orang,tokh pada akhirnya ia juga tidak pernah mengerti arti kata itu yang sebenarnya.Banyak orang menyangka kebahagian itu ada pada harta,maka dengan segala cara ia berusaha memperoleh harta yang sebanyak-banyaknya, ada juga yang menyangka kebahagian itu ada pada kedudukan,jabatan,tahta maka ia berupaya mengejarnya, namun ia tetap merasakan rasa hampa,dan ada sesuatu yang sebenarnya ia rindukan.

Aku adalah termasuk orang yang paling mudah berbahagia,hanya dengan menyaksikan seekor ikan hias berenang-renang di dalam sebuah aquarium, maka segala kesedihan akan hilang dengan sendirinya,entahlah ,bagiku kebahagian yang terkandung di dalamnya, bukan pada ikannya tapi jauh di dalam hakikat yang sebenarnya, yang kulihat adalah bagaimana kuasanya Allah atas alam ini, “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” ( Q.S Ali Imran :191).

Kebahagian sejati adalah ketika kita memutuskan untuk puas dengan diri kita dan menerima segala sesuatu dengan lapang dada. Tanpa merutuk ataupun berharap kesusahan yang atau kegagalan melanda kita bukanlah benar-benar nyata. Tidak menyesali keadaan dan menyalahkan kesana-kemari. Kebahagiaan sejati adalah ketika kita bisa menerima kegagalan dan kelemahan kita dengan tangan terbuka dan dengan setulus hati mengakui bahwa kita memang tengah gagal. Menyadari dengan sepenuhnya bahwa keberhasilan atau kegagalan adalah dua hal yang tak bisa terpisahkan satu sama lain. Ibarat dua sisi yang berbeda yang menjadi satu dalam kepingan uang logam. Keberhasilan menemukan makna keberadaannya karena ada ketidakberhasilan (kegagalan) yang menjadi kebalikannya. Seperti gelap yang dikenal karena ada terang. Kesulitan yang didefinisikan sebagai lawan dari kemudahan.

Berbahagialah dalam keadaan apa pun.Karena anda masih memiliki hari ini.

mentari masih asyik di peraduannya

angin dingin kini mengembara entah kemana

dan kotaku nampak tua

penat ia melayani tamunya

dan hujan yang selalu kunanti

nampaknya kan kembali

dan aku merasakan sunyi.

( Palembang,28 jan 09)

No comments: